Kerja Sama GOTO-TikTok Meluncur di Harbolnas 12.12 Besok
Jakarta, FreedomNews - Kerja sama strategis antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) dengan TikTok akan rilis besok, Selasa (12/12/2023), pada Hari Belanja Online Nasional 12.12. Manajemen GOTO dalam keterangan resminya mengatakan bahwa bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan korabolasi di bawah PT Tokopedia. Dengan kerja sama ini, TikTok akan memiliki pengendalian atas Tokopedia.
"Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh Tokopedia," tulis manajemen, Senin (11/12/2023). Manajemen melanjutkan, kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
Sebagai informasi, dalam kemitraan ini, TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar atau setara Rp2,3 triliun sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia. Investasi ini dilakukan tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GOTO di Tokopedia. "Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia. Termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek," ucap manajemen.
GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut. Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal I/2024. Kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi GOTO untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market). Untuk memastikan keberlanjutan langkah Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan Tokopedia dan TikTok. Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo.(dtf/mkr)