Kampung Akuarium: Digusur Ahok-Kini Tanahnya Dibawa Anies ke IKN

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa tanah dari Kampung Akuarium ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tanah ini memiliki riwayat penggusuran dan pembangunan. Tanah dari Kampung Akuarium ini dibawa Anies ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur, diterima oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), disatukan Jokowi bersama tanah dari provinsi lain di Indonesia.

Anies menyampaikan pesan di balik pilihan tanah Kampung Akuarium yang dia bawa.

"Tanah dari Kampung Akuarium menghadirkan harapan bahwa pembangunan kota baru yang akan dijadikan ibu kota ini hendaknya tidak memarjinalkan rakyat kecil dan justru nyata-nyata akan memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi semua, khususnya rakyat kebanyakan," kata Anies melalui akun Facebooknya seperti dilihat, Minggu (13/3/2022).

Ngomong-ngomong soal 'memarjinalkan' dan 'tidak memarjinalkan', Kampung Akuarium lekat dengan dinamika kebijakan politik di Jakarta. Kampung Akuarium ini terletak di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, belakang bangunan Museum Bahari peninggalan kompeni VOC, tak jauh pula dari Pasar Ikan (Cagar Budaya).