Sistem Pembelian Tiket KA Bandara Lumpuh, Imbas KAI Access Error?
Jakarta, FreedomNews - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan bahwa seluruh sistem pembelian tiket Kereta Api Bandara di seluruh stasiun mengalami gangguan pada Kamis, 4 Januari 2023. Melalui platform sosial media Instagram, @kabandararailink, akun resmi informasi KA Bandara Yogyakarta dan Medan menyampaikan bahwa pembelian tiket hanya bisa dilakukan secara manual oleh petugas KAI di seluruh stasiun.
“Saat ini telah terjadi gangguan pada seluruh sistem pembelian tiket Kereta Api Bandara di seluruh stasiun. Oleh karena itu, pembelian tiket hanya dapat dilakukan secara manual yang akan dibantu oleh petugas kami,” tulis @kabandararailink, dikutip Kamis, 4 Januari 2024. KAI juga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang. Adapun, KAI tengah berupaya untuk memperbaiki situasi ini sehingga sistem dapat kembali normal.
“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami. Kami sedang berusaha memperbaiki situasi ini secepat mungkin sehingga sistem kami dapat kembali normal,” jelas mereka. Gangguan yang terjadi pada seluruh sistem pembelian tiket Kereta Api Bandara di seluruh stasiun mendapat respons dari warganet di platform X.com. Pengguna akun @kabarpenumpang menduga, server KAI Group jebol sehingga seluruh sistem ticketing KAI Group mengalami gangguan.
“Kalo dari sini sih keknya bukan KAI Access aja yg error, tapi seluruh sistem tiketing KAI group. Harusnya kalau hanya Access by KAI yg error, beli tiket online ka bandara bisa doong melalui web, kenapa ini jg gabisa bahkan di seluruh stasiun. Mungkinkah server jebol?” tulis akun @kabarpenumpang, dikutip Kamis, 4 Januari 2023. Akun @har* juga mengeluhkan hal serupa. “Tadi juga tiketin mesin ka bandara error dan cuma bisa pakai debit. apa pengaruh ini juga ya?” Beberapa di antaranya menyayangkan hal tersebut, mengingat gangguan serupa kerap kali terjadi. “Iya katanya, tp yg disayangkan ini terjadi sering sekali,” tulis akun @Alug**. (dtf/keu)