BSI Ekspansi ke Pusat Ekonomi Syariah Global, Rencana Buka Cabang di Arab Saudi

PT Bank Syariah Indonesia (BSI) ekspansi luar negeri, langsung masuk ke jantung pusat perekonomian syariah global, yaitu Timur Tengah. BSI berencana membuka kantor cabang baru di Arab Saudi.

Jakarta, FreedomNews – PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI (kode saham BRIS) akan membuka kantor cabang di Arab Saudi. Adapun, pembukaan cabang baru tersebut ditargetkan rampung pada kuartal I atau kuartal II tahun 2024. Demikian disampaikan Direktur Treasury & International Banking BSI Moh Adib di Jakarta, Jumat (17/11/2023).

adib

Moh Adib, Direktur Treasury & International Banking BSI

Menurut Adib, pembukaan kantor cabang baru di Arab Saudi, merupakan upaya BSI melakukan ekspansi di pusat perekonomian syariah global, yakni Timur Tengah. "Kami menancapkan kehadiran kita di pusat perekonomian syariah global. Mudah-mudahan niat baik kita terwujud dan dieksekusi secara baik agar hasilnya maksimal," ungkap Abid.

Adib mengatakan, pihaknya sudah dua kali menemui otoritas perbankan dan keuangan di sana, yaitu Saudi Arabian Monetary Authority (SAMA). Dirinya mengakui, proses pengurusan pendirian kantor cabang di Arab Saudi memang tidak mudah dan ia pun menginformasikan bahwa BSI saat ini tengah menempuh dua jalur kerja sama agar hal tersebut bisa tercapai. Keduanya dijalankan, adalah business to business (B2B) dan government to government (G2G). B2B prosesnya melalui otoritas perbankan dan keuangan, SAMA sedangkan G2G melalui Kementerian Luar Negeri serta Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi di Indonesia. "Kami minta permohonan untuk dibukakan cabang di sana. Tidak mudah memang tapi harus kita usahakan," ucap Adib.

Pada kesempatan yang sama, Chief Economist BSI Banjaran Surya Indrastomo mengatakan, dalam upayanya menambah kantor cabang di Arab Saudi, BSI mengincar pasar jamaah haji dan umroh asal Indonesia. Dengan hadirnya kantor cabang di Arab Saudi, BSI bisa memberikan layanan transaksi pembayaran jamaah haji dan umroh melalui BSI. Sebelumnya, BSI telah mendapat persetujuan lisensi lengkap (full licence) untuk cabang di Dubai, Uni Emirat Arab. Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan bahwa dirinya telah melakukan perjalanan ke Timur Tengah dalam rangka pengembangan ekspansi cabang BSI.

henry

Henry Gunardi, Direktur Utama BSI

"Saya sampaikan perjalanan saya ke middle east, BSI dapat persetujuan full licence di Dubai. Kita juga ingin tambah cabang lagi di Arab Saudi, tepatnya di Jeddah dan cabang ekstensi Mekah dan Madinah," ujarnya dalam acara Ngopi BUMN pada Selasa (10/10/2023).

Dengan lisensi penuh di Dubai, BSI bisa menjalankan serangkaian layanan, di antaranya transaksi ekspor dan impor, sindikasi, desk capital market, hingga agen untuk sukuk. "Di Dubai BSI ingin jadi pemain global, jadi hub international Islamic Finance. Peluang ada di bilateral trade," tuturnya. (dtf/bnk)