Anies Baswedan Jadi Penguji Disertasi S3 Mahasiswa Disabilitas, Akademisi: Sangat Memperhatikan Kesetaraan Pendidikan

Jakarta, FreedomNews - Seorang akademisi Muhammadiyah, Dr. Edi Sugianto, memberikan tanggapan mengenai partisipasi Anies Baswedan sebagai penguji dalam ujian terbuka untuk mahasiswa Doktor Program Studi S3 Seni Rupa di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Pada Senin, 12 Juni 2023, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjadi penguji untuk mahasiswa bernama Muhammad Fauzi dalam program doktor tersebut.

Menurut Edi, yang merupakan lulusan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), hal ini merupakan hal yang biasa. Terlebih lagi, ia menambahkan bahwa Anies telah sering memberikan kuliah umum di luar negeri.

Dr.%20Edi%20Sugianto "Partisipasinya adalah hal yang biasa, karena Anies adalah seorang akademisi yang memiliki pemahaman luas dalam bidang pendidikan," ungkapnya seperti dilansir dari laman KBA News Jumat, 16 Juni 2023.

Edi mengatakan bahwa jauh sebelum terjun ke dunia politik, Anies Baswedan sudah memperhatikan dengan serius kualitas dan kesetaraan pendidikan.

"Dengan demikian, jika ada orang-orang yang menuduh bahwa Anies hanya pandai berbicara, mungkin mereka baru saja keluar dari hutan," tegasnya.

Sebelumnya diketahui, Fauzi adalah seorang mahasiswa difabel yang mengalami gangguan pendengaran di kampus tersebut. Anies pun memberikan ucapan selamat kepada Fauzi atas pencapaian gelarnya.

"Apresiasi setinggi-tingginya untuk orang tua Mas Fauzi yang telah mendidik beliau menjadi tangguh dan berprestasi, dan juga apresiasi untuk ISI Surakarta atas kesempatan dan kesetaraan dalam jenjang pendidikan bagi teman-teman penyandang disabilitas.," ujar Anies Baswedan dalam akun instagram pribadinya. (pnd/kba)